seleksi 10 besar

Day one

Pagi itu tanggal 7 juni 2008 jam 8 pagi, sekitar 200-an orang pria dan wanita berpakaian resmi. Yang pria berdasi dan yang wanita memakai blazer memadati salah satu gedung di perbanas Surabaya. Rupanya mereka itu peserta acara ’30 hari jadi pengusaha’ yang sedang antri untuk registrasi ulang. Walaupun masih pagi, semangat terpancar di wajah mereka.

Setelah sekitar 1 jam registrasi, daftar ulang dan masing2 peserta diberi tanda pengenal. Acara pembukaanpun dimulai pukul sembilan tepat. Pembukaan ini diisi pengarahan dan motivasi dari 4 tokoh yang masing2 adalah, pak Ali Murtadlo (direktur utama JTV), Ibu Tatik Suryani (rektor PERBANAS surabaya), mas Hendi Setiono (owner kebab turki baba rafi) dan pak Muhammad Najikh (CEO dari PT. Kelola Mina Laut). Pengarahan dan motivasi ini juga menarik mahasiswa perbanas sehingga ruangan aula yg dingin ber-ac itu jadi sumuk dipenuhi juga oleh para mahasiswa.

Pak Ali Murtadlo, direktur utama JTV lebih banyak memotivasi yang hadir dengan cerita-cerita tentang keberanian untuk bertindak tanpa harus takut dengan keterbatasan-ketrbatasan yang ada pada diri seseorang. Beliau bercerita tentang bosnya, yaitu Dahlan Iskan pemilik jtv, harian jawa pos dan banyak perusahaan lainnya. Katanya Dahlan Iskan itu bener-bener memulai bisnis dari nol dari seorang wartawan biasa yg kemudian dipercaya oleh rekannya untuk merintis suatu surat kabar baru di jawa timur yang akhirnya berkembang pesat jadi raksasa media harian dan akhirnya di take over kepemilikannnya oleh pak dahlan. Bahkan Dahlan Iskan itu aslinya bener-bener melarat dari orang tua yg hanya petani garapan dan tidak punya apa-apa. Hanya dengan modal semangat dan kerja keras Dahlan Iskan bisa menjadi seperti sekarang.

Bu Tatik Suryani, rektor PERBANAS surabaya mengulas mengenai entrepreneur lebih banyak mengarah pada teori bisnis, itu sesuai dengan latar belakang beliau sebagai seorang pendidik di kampus perbanas. Banyak teori dasar bisnis yg dikupas secara global disini, seperti teori marketing, managemen perusahaan, managemen karyawan. Ini penting karena sebagai calon-calon pengusaha walaupun masih calon pengusaha pemula tetep harus ngerti tentang teori-teori bisnis yang nantinya bisa diperdalam selama perjalanan dan pengembangan bisnisnya.

Mas Hendi Setiono, owner kebab turki baba rafi, mendapat giliran ketiga, beliau lebih banyak sharing tentang masa awal berbisnis sampe besar seperti sekarang. Saat mengakhiri ceritanya ada peserta cewek yang ngotot pingin maju salaman dengan mas hendi. Rupanya cewek ini begitu ngefans sama mas hendi walaupun baru pertama kali ini ketemu dan sebelumnya tau tentang hendi hanya dari majalah-majalah dan literature-literatur yg ada. Suasana langsung berubah menjadi heboh, saat cewek ini bisa salaman dengan mas hendi, persis seperti yang sering kita liat di tv saat fans ketemu dengan idolanya yg artis sinetron atau artis musik. Rupanya fanatisme terhadap idola bisa terjadi pula dikalangan entrepreneur.

Sesi terakhir diisi oleh Muhammad Najikh, CEO dari PT. Kelola Mina Laut. Beliau ini seorang pengusaha gresik yg pada tahun 2008 mendapat gelar The Best CEO. Beliau bilang kalo jadi pengusaha itu bisnisnya gak mesti luar biasa, cukup bisnis biasa-biasa saja tapi diimbang dengan pengelolaan yang luar biasa. Diakhir presentasinya beliau memberi hadiah sebuah buku tentang bisnis dan profilnya kepada peserta yang datang paling pertama. Menurut beliau orang yang datang pertama adalah orang yang punya semangat tinggi dan punya niat yang kuat. Peserta yang beruntung itu emang bener-bener bersemangat karena datang dari luar Surabaya, yaitu dari kota bojonegoro dan dia mampu datang paling awal di acara ini. Hebat deh.

Sehabis makan siang, giliran 7 penggembleng yang diperkenalkan pada peserta, disini penggembleng berceritak singkat tentang ‘rule of the game’ dari acara ini yakni peserta yg 200 orang tadi akan diseleksi menjadi 100 orang dalam ‘walk interview’ kemudian dali 100 orang akan dieliminasi 90 orang dalam psikotest dan outbond sehingga hanya tersisa 10 orang yang akan dikarantina selama 26 hari yang kemudian akan dipilih lagi menjadi 3 besar.

Keistimewaan 7 penggembleng ini juga disampaikan ke peserta supaya peserta semakin tergugah semangat entrepreneur. Ketua SEC, Samurai memperkenalkan 6 penggemleng yang lain,

mas danton diperkenalkan karena dalam usia 22th bias mengelola SPBU dengan hanya bermodalkan uang 300 ribu dan sekarang menjadi owner PT. Beon intermedia yang bergerak di bidang hosting ,

mas Riano pemilik restoran reng oneng selain orang pertama yang mengangkat masakan tradisional madura menjadi masakan restorant juga jago berpromosi, restorannya itu sudah diliput oleh semua tv swasta nasional, beberapa tv swasta daerah, radio, dan media cetak dan hebatnya semua itu gratis.

mas mudji ini dipilih sebagai penggembleng karena bisnisnya lebih ke bisnis lobbying dimana dia dalam mengelola bisnisnya selalu menemui masalah yg beraneka ragam setiap harinya, yang hebatnya selalu terselesaikan sehingga bisnisnya terus berkembang baik dari segi omset dan asset yang dimiliki.

mbak laila dan mas andi adalah sepasang entrepreneur suami istri muda, masing2 usianya 27th dan baru menikah selama 2th, menjalankan bisnis juga baru 2th tapi selama 2th ini mereka bias membuka 5 bisnis yang berbeda dan masing2 bisnisnya sudah beromset milyaran.

sedangkan Samurai selain sebagai ketua sec dia menjalankan bisnis jualan baju di mall dimana dia langsung buka 3 toko sekaligus dalam waktu sebulan dan selalu punya banyak waktu luang untuk jalan2, cankruan dan tidur siang yang dilakukannya selama hari kerja senen-jumat, saat banyak sekali pengusaha rata2 bergelut dengan kesibukan bisnisnya.

terakhir mas hendi, tokoh yang satu ini sudah sangat terkenal sebagai tokoh entrepreneur muda nasional.

Tepat jam 3 siang acara bubar dimana peserta harus siap untuk walk interview besoknya padahal sore itu mereka masih belom puas untuk tanya jawab denga 7 penggembleng.

Day two

Hari ini seluruh peserta akan diinterview oleh 7 penggembleng. Mereka akan ditanyai tentang motivasi, tujuan dan kesungguhan mereka dalam mengikuti program ini. Disini peserta akan diseleksi untuk dipilih menjadi 50 orang yang akan mengikuti program hari selanjutnya.

Peserta diminta untuk menjawab seluruh pertannyaan yang diberikan oleh pengembleng hanya dalam waktu 5 menit. Dalam satu sesi 7 peserta akan masuk berbarengan ke dalam ruangan yang disebut ‘ruang penggemblengan’. Satu peserta menghadapi satu penggemleng. Hari ini kurang begitu seru bagi penggembleng karena seharian hanya melakukan interview saja persis seperti bila dalam pengelolaan bisnis sehari-hari sedang recruitmen karyawan baru. Tapi kondisi berbeda dialami peserta, mereka pastinya deg-degan, grogi karena mesti menjawab pertanyaan secara lisan. Rupanya jadi pengusaha itu masih sesuatu yang belom terjangkau oleh pikiran peserta, acara ini masih dijadikan ajang cari modal, banyak yg berharap bisa dimodali oleh penggembleng bila mereka memulai bisnis kelak. Jawaban-jawaban yang kayak gitu tadi langsung dikasih angka mines oleh penggembleng.

Day three

Peserta tinggal 50 orang.

Hari ini diawali dengan psikotest. Mereka mengerjakan dengan tekun walau nampak beberapa peserta kebingungan dalam mengerjakan soal yg diberikan oleh team psikologi dari perbanas.

Habis psikotest peserta kembali ke aula dimana mereka akan diajak untuk melakukan berbagai permainan yang masih berkait dengan test psikologi, acara ini di beri nama ‘tantangan sukses’. Hari ini memang team perbanas yang punya acara mereka pakar dalam masalah psikologi. Team perbanas terdiri dari 3 pembimbing yaitu pak bagus, bu laila, bu emma dan ditambah lima belas mahasiswa yang akan mengamati para peserta untuk diberi nilai.

Rupanya para peserta masih belum mengenal benar satu sama lain. Dan ini disadari benar oleh team perbanas. Kali ini peserta diberi julukan ‘sahabat sukses’. Para sahabat sukses diajak untuk saling memperkenalkan diri satu sama lain dengan gaya khas masing-masing yg tidak oleh sama. Kebekuan mulai cair karena para sahabat sukses harus berkreatif dalam menciptakan gaya yg sering kali gayanya aneh dan lucu-lucu. Berikutnya para sahabat sukses itu diminta untuk memperkenalkan nama dan bisnis 2 orang disebelah kanan dan kirinya, mereka dipaksa untuk mengingat. Rupanya mengingat nama dan bisnis 2 orang dikanan dan dikiri belom cukup, mereka diminta lagi untuk menambah 2 orang lagi sehingga masing-masing harus ingat 4 nama dan bisnis orang yang ada dikana dan kirinya. Heboh tentunya karena bukan hal yang mudah, banyak yang salah dan lupa.

Habis makan siang game yang diadakan lebih seru banyak gerakan-gerakan yang dilakukan untuk mengetest daya ingat mereka. Ada juga sesi dimana mereka diminta untuk membuat ide bisnis dari sepotong gambar yang diberikan, membuat ide bisnis sebanyak-banyaknya. Saat itu penggembleng yang hadir, samurai, andi, laila dan danton penasaran juga, pingin ngetest kemampuan merimajinasi membuat ide bisnis dari sepotong gambar. Hasilnya ide bisnis yang muncul dari penggembleng memang banyak, terbanyak dibikin oleh andi tapi saat mereka menyocokkan satu sama lain, ide bisnis yg muncul gak seru karena ke empat penggembleng itu menulis ide yang hamper-hampir sama satu sama lain, idenya saling melengkapi. Karena penasaran ke empat penggembleng tadi ngintip ide-ide yang ditulis oleh para ’sahabat sukses’. Hasilnya cukup bikin kaget karena banyak dari mereka yg bikini ide sangat kreatif .

Ada lagi game yang mengasah kemampuan konsentrasi dan terakhir mereka di suruh menutup tubuh rekannya dengan gulungan tisyu menyerupai mumi. Mereka saling beradu kreativitas bikin mumi dari tisyu itu. Saat ini kebersamaan para ‘sahabat sukses’ sudah terbangun lebih dari separuh dari mereka menjadi sangat akrab dan kompak, mereka saling menyemangati satu sama lainnya.

Test psikologi seharian ini untuk menyeseksi peserta dari 50 orang menjadi 10 orang yang kemudian akan masuk karantina.

Day four

Hari yang sangat mendebarkan bagi peserta karena hari ini akan diumumkan 10 nama yang akan lolos masuk babak selanjutnya, yaitu masa karantina. Sementara para peserta di beri pengarahan di aula. Di ruang rapat ketegangan serupa juga dirasakan oleh 7 penggembleng yang siap mendengarkan laporan hasil psikotest dari perbanas. Ketegangan dirasakan karena rupanya masing-masing penggembleng sudah punya jago masing-masing dan penggembleng pingin agar jagonya tersebut lolos dalam babak 10 besar.

Ibu laila saleh dari perbanas membacakan pada penggembleng 10 nama yang dapat nilai terbaik plus 7 nama cadangan yang direferensikan. Penggembleng lega karena rupanya jago-jago mereka ada di dalam 10 urutan teratas tadi.

Kemudian giliran penggembleng secara bergantian yang membacakan nama sepuluh orang yg lolos ke dalam babak berikutnya yaitu masa karantina. Tangis haru dari peserta yang lolos dan wajah2 kecewa dari mereka yang gagal cukup mempengaruhi perasaan penggembleng. “wah gini ya rasanya kenapa saat pengumuman eliminasi pada acara2 reality show di tv banyak penonton yang nangis di studio” bisik danton “padahal kalo aku liat tv kayaknya lucu, acara gitu aja kok pada nangis.

Rupanya mas danton ini walau bertampang sangar dan dijuluki sebagai ‘penggembleng diktator’ punya perasaan yang sangat halus. Dia beberapa kali mengusap matanya yang basah karena ikut terharu dan gak kuat nahan air matanya.

Lebih-lebih saat dia liat seorang peserta yg lolos nangis tersedu-sedu saat sungkem ke ibu dosen-nya di perbanas, tentunya ibu dosen dan beberapa dosen cewek lainnya juga ikut nangis. Apalagi trus ada Adrian Wicaksono yg tidak henti-hentinya ‘sesenggukan’ karena tadinya namanya gak ikut disebut dalam nama-nama 10 besar tapi akhirnya turut dipanggil oleh penggembleng karena salah satu dari kandidat ternyata tidak hadir. Adrian benar-benar mensyukuri keadaan saat itu sehingga air matanya gak berhenti mengalir.

Suasana haru cepat menular, banyak orang menitikkan air mata. Rupanya kebahagiaan itu gak cuman bisa dirasakan lewat tawa tapi juga lewat air mata.

Sampai jumpa di masa karantina selama 26 hari bagi mereka yg lolos dalam 10 besar. Tantangan pastinya lebih besar dan lebih berat karena tiap 3 hari aka ada peserta yg disuruh pulang karena dieliminasi.

10 peserta yang bisa masuk masa karantina :

  1. Ratna Sari Dewi
  2. Yunus Abdillah
  3. Prima Kartika
  4. Afnan
  5. Hendry Fajriansyah
  6. Nunung Nurmaningsih
  7. Muhammad Solikhan
  8. Adi Subianto
  9. Ignatius K Sumari
  10. Adrian Wicaksono

Leave a Reply