percaya diri

posted in: Entrepreneurship | 4

saya merasa beruntung ada perubahan sifat yang sangat signifikan pada diri saya. rasa percaya diri saya meningkat cukup tinggi dalam lima tahun terakhir ini, peningkatan rasa percaya diri ini terlihat mulai tumbuh setelah saya menyelesaikan pelatihan entrepreneur dan terjun langsung dalam dunia entrepreneur.

dunia entrepreneur memang berpengaruh banyak pada diri saya, walaupun mungkin saya bukan seorang entrepreneur jempolan tapi dunia itu bikin saya menjadi sesuatu yang berguna, minimal buat diri saya sendiri.

rasa percaya diri itu tumbuh begitu saja, saya tidak pernah secara khusus belajar tentang kepribadian dan cara bertingkah laku yang baik, tapi pengalaman hidup sehari-harilah yang bikin rasa percaya diri itu muncul dan terus tumbuh dengan kokoh dalam diri saya. apa yang saya lihat, saya dengar dan saya alami setiap harilah yang bikin saya akhirnya punya rasa percaya diri yang cukup mumpuni.

saya cukup puas menjadi diri saya sendiri saja dan tidak perlu meniru atau berniat menjadi sesuatu yang lain.

hanya ingin menjadi diri sendiri saja itu sulitnya minta ampun, apalagi jika berniat ingin meniru seseorang atau berusaha menjadi seperti orang lain yang lebih berhasil atau ebih sukses dari saya.

dan ternyata setelah saya pikir-pikir lagi, hanya sekedar mencoba bertahan untuk menjadi diri sendirilah yang paling bikin meningkatnya rasa percaya diri dalam diri saya.

saya harus mencoba bertahan untuk tidak terpengaruh lingkungan disekitar saya yang selalu menjagokan atau menokohkan orang lain yang dianggap lebih baik dari saya.

saya hanya berusaha yakin terhadap apa yang saya lakukan, gak peduli apakah yang saya lakukan itu benar atau salah, itu saja adalah merupakan sebuah prestasi.

menjadi sebuah prestasi buat saya hanya karena saya pernah melakukan sebuah tindakan.

tindakan yang sudah pernah dilakukan oleh orang lain saja saya anggap suatu prestasi jika saya berani melakukan hal yang sama, apalagi jika tindakan itu orang lain belum pernah melakukannya.

hal yang sangat sepele, berani bertindak, tidak peduli tindakan apa saja dan tidak peduli apapun hasilnya, ternyata bila saya berani melakukannya secara saya tidak sadari itu menambah rasa percaya diri dalam diri saya.

apalagi jika saya berhasil, pastinya akan bikin rasa percaya diri saya akan meningkat dengan cepat, itu karena rasa suka dan bangga yang bikin saya menjadi senang menceritakannya pada orang lain dan lebih meningkat lagi apabila orang yang saya ceritakan tadi mendengarkan dengan sungguh-sungguh penuh dengan kekaguman.

suatu kesalahan yang saya lakukan saja, ternyata juga bisa bikin rasa percaya diri saya meningkat dengan cepat, mungkin itu dikarenakan saya juga tidak pernah menyembunyikan kesalahan atau kegagalan yang saya alami. biasanya justru kalo saya gagal atau berbuat salah saya malahan ingin bercerita kelebih banyak orang.

alasan pertama saya adalah ingin dapat masukan, kritik dan saran terhadap kesalahan yang saya bikin itu sehingga saya bisa memperbaikinya.

alasan kedua dan ini biasanya yang paling menarik minat saya karena saat si orang yang saya tanya itu menjawab sering kali dia justru juga bercerita tentang permasalah yang sedang dia hadapi atau kesalahan-kesalahan yang pernah dia lakukan.

cerita orang yang saya ajak curhat dan saya mintai pendapat ini menjadi menarik banget buat saya karena seringkali yang terjadi kesalahan dan masalah yang dia bikin dan dia alami jauh lebih berat dan lebih seram daripada yang saya alami.

mendengar cerita dari orang yang saya mintai pendapat ternyata punya pengalaman atau ternyata sedang mengalami masalah saja sudah bikin saya menjadi lebih percaya diri, karena saya merasa tidak sendirian atau merasa menjadi satu-satunya mahluk bodoh yang berbuat kesalahan dan tertimpa masalah. ternyata saya tidak sendirian dan ternyata ada orang lain yang bernasib serupa dengan saya. punya teman senasib secara tidak langsung bikin rasa percaya diri saya terbangun.

dan rasa percaya diri saya menjadi semakin kuat karena selain saya menjadi punya teman senasib, saya juga merasa lebih unggul dari orang yang tadinya jadi tempat bertanya dan tempat saya meminta nasehat terutama jika mendengar ceritanya bahwa saat dia terpuruk dia tidak berani muncul atau bercerita tentang kondisi yang dialami pada orang lain sampai dia menemukan solusi dan kembali memperoleh kebarhasilan.

saya merasa lebih hebat karena saya berani berkata jujur dan bercerita pada orang lain tentang kesulitan dan masalah yang sedang saya alami, dan ternyata tidak semua orang punya keberanian yang sama dengan saya, seberapapun hebatnya orang itu.

semakin saya jujur dan terbuka terhadap apa yang sedang saya alami apalagi jika hal itu saya sampaikan dengan keinginan mendapat solusi dan masukan serta saran maka semakin saya menemukan kenyataan bahwa banyak orang lain yang mengalami hal serupa dan tidak berani terus terang.

kalo banyak orang lain yang lebih pintar, lebih cerdas, lebih sukses dari saya mengalami masalah atau pernah mengalami masalah yang sama dengan saya kenapa saya harus takut dan minder. toh saya gak sendirian, banyak juga yang mengalaminya jadi artinya saya juga sama dengan kebanyakan orang atau bisa dibilang kebanyakan orang ternyata juga sama dengan saya pernah atau sedang mangalami hal yang sama.

bahwa kenyataan saya sama dengan orang lain yang lebih sukses dari saya, atau orang yang lebih dulu sukses dari saya juga pernah mengalami hal sulit seperti yang saya alami semakin memperkuat kepercayaansaya terhadap diri saya sendiri.

siapapun saya, apapun yang saya lakukan, entrepreneur sukses atau bukan ternyata semuanya tergantung dari pola pikir diri saya sendiri.

semakin saya berani menerima kondisi saya apa adanya, semakin saya berani bertindak, semakin berani saya menerima dan mengahadapi resiko yang timbul akibat tindakan yang saya lakukan ternyata semakin memperkokoh rasa percaya diri dalam diri saya dan ternyata juga berakibat timbulnya rasa percaya diri pada orang terdekat saya bahkan juga memperkokoh rasa percaya diri orang terdekat saya.

rasa percaya diri itu ternyata juga menular dan prosesnya ternyata juga berlangsung dengan cepat tanpa saya sadari.

semuanya ternyata sangat sederhana dan semuanya ternyata berasal dari dalam diri saya sendiri dan bukan berasal dari mana-mana

Leave a Reply