Maju terus Pantang mundur!!

kemaren malem tanggal 23 desember 2008 saya diundang datang untuk memberikan testimoni di preview seminar EU sidoarjo, dimana malam itu yang memberi materi motivasi adalah pak jaya setiabudi dari batam. movieposter

pak jaya dalam salah satu materinya menyitir sebuah film yang malam itu sangat menginspirasi saya. judul film itu envy yang salah satu pemainnya adalah jack black.

dalam film itu diceritakan ada dua orang sahabat yang sangat dekat sebut saja si a dan si b. mereka bekerja di kantor yang sama, rumah mereka saling berhadapan dan istri2 mereka pun bersahabat. si a adalah atasan si b, dan setiap berangkat ngantor si b selalu numpang di mobil si a.

si a adalah seorang yang serius dan hampir tidak punya mimpi, karena menurut si a sesuatu yang terjadi harus ada dasarnya dengan alasan yang jelas. sedang si b adalah seorang pemimpi yang selalu ingin mewujudkan mimpinya.

suatu hari dalam perjalanan ke kantor, saat kendaraan mereka berhenti karena lampu sedang merah ada pemandangan yang menarik dihadapan mereka. ‘ada orang tua yang sedang sibuk membuang kotoran anjing, karena anjing peliharaannya itu buang hajat sembarangan’.

dalam pandangan si a itu adalah hal biasa, berbeda dengan si b, dia bilang sama si a betapa asiknya kalau ada alat semprot yang bila disemprotkan akan bikin kotoran anjing itu lenyap.

karena dianggap hal yang gak mungkin komentar si b dijawab sekenanya sama si a, gak mungkinlah ada alat yang bisa bikin lenyap kotoran ajing gitu aja, karena gak masuk akal kok kotoran bisa lenyap tanpa sebab. kotoran lenyap itu pasti ada sebabnya.

si a menganggap itu hanya omongan gak keruan si b sampai suatu tengah malam si b tiba2 nelpon si a dan bilang dia udah punya nama buat ‘alat semprot penghilang kotoran anjing’ si a yang merasa sebel karena dibangunin tengah malam hanya untuk ndengerin omongan si b yang menurutnya gak penting hanya berkomentar pendek supaya si b seneng dan menutup telponnya.

rupanya si b ini bener-bener konsen dengan idenya itu hampir dalam setiap kesempatan dia selalu bercerita pada si tentang perkembangan ide semprotan itu. dan si a selalu menanggapi dengan dingin.

suatu saat di acara makan bersama, si b cerita tentang perkembangan idenya, di situ ada istri2 mereka. seperti biasa si a dengan dingin menanggapi, tapi yang bikin terkejut istri si a antusias sekali dan mendukung ide si b, di sini si a terkejut dan bilang itu adalah hal yg mustahil karena gak mungkin sesuatu lenyap gitu aja tanpa ada penjelasannya. istri si b jelas mendukung suaminya 100%

istri si a bilang seringkali suatu hal tercipta tanpa si pemakai perlu tau penjelasan atau cara kerjanya seperti kok bisa ya listrik menghidupkan mesin-mesin misalnya. dukungan istri si a terhadap ide si b mbikin si a tambah ngomel-ngomel dan menolak mentah-mentah tawaran si b untuk invest di tempatnya, padahal si b bilang dia sudah nemu profesor yang sedang bereksperimen dalam mewujudkan semprotan kotoran itu.

namanya film endingnya pasti bisa ditebak, sang profesor bisa mbikin alat semprot itu yang saat di semprotkan ke kotoran, hal ini di saksikan si a dan istrinya, ternyata bener-bener bisa melenyapkan kotoran anjing sehingga hilang gitu aja tanpa penjelasan. si a dan istri terperangah. si b, istrinya dan sang profesor bersorak girang karena keberhasilan itu.

dalam film diceritakan si b berhasil menjual penemuannya dengan mudah dan menghasilkan uang banyak dari situ karena siapa sih yang mau repot2 buat mbersihin kotoran anjingnya kalo ada alat semprot yang cuman dengan sekali semprot wusssss…… kotoran anjing hilang dan semua jadi bersih lagi.

yang bikin saya terinspirasi adalah cara si b ‘meng-imani’ idenya itu. padahal sahabat terdekatnya sangat meremehkanya. si b tetap bercerita pada si a dan pada semua orang tentang ide gilanya tanpa putus asa dan menyerah dengan lecehan-lecehan yang diterimanya. dan memang ternyata ide gila yang rasanya mustahil itu bila terus dipikirkan, diresapi, dicarikan solusinya, dijalankan tiap hari ternyata ada hasilnya juga.

dalam dunia nyata yang gitu-gitu itu ternyata bener-bener ada lho. gak cuman di film aja. contoh yang paling basi adalah saat thomas alfa edison menemukan lampu pijar. kita semua tau cerita itu.

kita semua tau…….

bahwa ide kita apapun itu dapat diwujudkan,

tinggal seberapa yakinnya kita,

tinggal seberapa beraninya kita bertindak,

tinggal seberapa panjang semangat kita.

ada beberapa kata bijak yang ditulis di milis tda oleh pak Adib Munajib yang sangat menginspirasi saya. adalah sebagai berikut :

1. Aku (Tuhan) tergantung persangkaan hambaKu.
2. All in state of mind.
3. We are what we think.
4. Apa yang sering kita fokuskan itulah yang akan terjadi.
5. Jangan mengharapkan hasil yang berbeda jika kita selalu berfikir yang sama.

pada saat saya memutuskan jadi entrepreneur, saya berpatokan penuh pada kata-kata itu. kata-kata itu saya telan mentah-mentah tanpa perlawanan, saya camkan dalam hati pada saat saya mendengarnya buat pertama kali dari mentor-mentor saya. bahkan sepulang dari mentoring saya bangunkan istri saya yang lagi tidur pules karena saat itu udah jam 23, hanya untuk mendengarkan saya mengulang tentang kata-kata tadi yang ternyata bisa bikin keberanian saya muncul lagi.

mestinya bisa ditambah satu lagi yang bisa dijadiin penyemangat, ini juga ajaran para mentor yang juga saya bilang ke istri saya malam itu :

allah tidak pernah memberikan cobaan melampaui batas kempampuan umatnya

jelas kok kaitannya film dalam seminar motivasinya pak jaya setiabudi dan kata-kata bijak yang ditulis dalam milis oleh pak Adib Munajib dengan semangat kita yang kita punya.

sangat jelas kok,

cuman ya itu tadi……….

mau gak kita menjalaninya sampe terwujud…………………

Leave a Reply