konsep tiru pleg

posted in: Artikel Menarik, Entrepreneurship | 71
Nesteasuatu hari saat sehabis saya memberikan sharing motivasi entrepreneurship didaerah pujon kabupaten malang, iseng-iseng saya sms seorang kawan yang selama ini selalu ngeyel minta ijin agar bisa ngopi pasti binis yang saya jalani, pecel bento wenmit.
beliau ini tidak hanya berkomunikasi melalui inboxnya facebook saja tapi juga sms ke nomor hape saya. dan yang bikin saya seneng nada tulisannya itu selalu mendesak dan memaksa supaya permintaannya dipenuhi. karena saya setiap mentoring bisnis memang ngajarin ilmu ktp (konsep tiru plek) maka saya oke-oke saja ketika beliau meminta ijin pada saya untuk menerapkan ilmu itu dalam bisnis dia jalani. maksudnya beliau minta ijin meng-ktp alias mencontek mencontek bisnis saya.

saya baru rada keberatan saat beliau ini minta saya membimbingnya dalam mempraktekkan teori teori saya. karena saya jadi sebel plus males kalo ada yang nanya tentang aplikasi bisnis, saya males njawab karena data statistik yang saya punya menyatakan mayoritas mereka yang bertanya itu hanya sekedar bertanya saja, mereka tidak mempraktekkannya alias gak action blas.

tapi beliau ini ngotot banget, mungkin emang wataknya kali ya. trus saya bilang aja ke dia “kalo emang niat harus bayar biaya konsultasi ke saya selama 3 bulan” maksud saya kalo ada dana yang di keluarkan berarti ada pengorbanan yang dilakukan maka dengan pengorbanan itu akan bikin daya paksa untuk segera action, kecuali kalo orangnya bener-bener apatis maka sebesar apapun biaya yang udah dikeluarkan akan gak bikin pengaruh apapun.Selamanya

singkatnya setelah deal harga konsultasi maka kami pun bekerja sama, beliau bertanya dan saya menjawabnya. mungkin gak sampai sebulan setelah tanya jawab yang rada-rada penuh emosi karena cara bertanyanya yang full ngotot saya dapat kabar kalo beliau ini sudah membuka sebuah bisnis, ‘warung makan spesial iga asap’ di daerah sekitar kepanjen kabupaten malang.

dalam ceritanya ke saya, beliau ini bisa meyakinkan orang tuanya untuk menjaminkan gaji bulanan sang ayah untuk ngajuin kredit yang nantinya akan dipake buat modal awal usaha yang akan dilakoninya dan karena referensi gaji sang ayah langsung cair dana kredit sebesar 25 juta rupiah.

duit 25 juta itu yang beliau pake tuk modal awal mbuka ‘warung makan spesial iga asap’ yang di beri brand ‘jameeela’ ini juga copy paste dari teori saya yang lain tentang ilmu ‘nderek mulyo’

memang anak muda ini bener-bener ‘kere aktif’ istilah yang biasa saya pake buat orang-orang kreatif yang gak punya modal. ‘kere aktif’ yang gak mikir – semuanya copy paste dan hanya ngeliat serta memperhatikan apa yang ada di lingkungan disekitarnya. sekitar 15 menit dari lokasi tempat warungnya buka sampai ke kota malang banyak sekali warung-warung yang menyajikan masakan iga, tapi di wilayah tinggalnya tidak ada yang jualan masakan iga tersebut. maka berjualanlah beliau disana.

karena memang rasanya yang enak (saya dah ngicipin – sebenernya pingin nambah lagi dua porsi lagi, cuman rada sungkan aja sebab seluruh keluarganya berkumpul ketika saya mampir disana) harganya yang murah meriah sepuluh ribu rupiah dah bisa makan seporsi daging iga sapi plus nasi putih dan asesorisnya. dan tempatnya yang stratedis maka warung makannya itu selalu rame, buka sore jam 15 sudah habis jamn 19 malam, bahkan jika hari sabtu dan minggu yang mau makan sampe ngantri-ngantri. poko’e keren abis.

4gak sia-sia beliau dalam bertindak dan action. sebab memang actionnya tidak membabi buta alias gak ngawur. semua tindakan tetep diperhitungkan baik-baik walopun minim mikirnya. dalam artian begini, saya berikan sebuah ilustrasi dari tindakan luar biasa yang beliau kerjakan. gambar brosur yang beliau pake sama persis alias pleg dengan brosur bisnis pecel wenmit saya. cuman dirubah dikit, gambar porsi pecel diganti sama porsi iga, minumannya juga menggunakan sinom seperti minuman di bisnis kuliner wenmit saya. brand yang dipake mengunakan nama belakang penyayi wanita sexy yang cukup kontroversial ‘jameeela’

bisnis yang beliau jalani bikin saya bangga luar biasa, karena dongeng-dongeng yang saya ceritakan saat mentoring atau saat sharing dimana – mana ternyata bermanfaat banget dan bener-bener gampang banget diaplikasikan. apalagi kemudian saya juga dikabari oleh beliau bahwa konsep bisnisnya itu sudah laku deal dengan investor dalam bentuk proyek kemitraan kerjasama dengan nilai harga 20 juta rupiah.

luar biasa banget kan semua tindakan beliau ini, belon juga sebulan buka, selalu rame, bahkan prestasi berikutnya langsung ada yang mau beli bisnisnya itu. alias ada yang mau menjadi mitra bisnisnya dengan nilai jual yang gak maen-maen.

alhamdulillah, cuman nyontek aja bisa menghasilkan duit banyak…
jadi siapa bilang nyontek itu salah?

Orang yang menyukai ini

    • Muhammad Iqbal kalo gt saya juga boleh dong nyontek pak … eu 9 sidoarjo

      Senin pukul 15:21 · ·

    • Sofyan Hadi Seep bosss

      Senin pukul 15:42 · ·

    • Adi Guna Nyontek boleh,jiplak juga.

      Senin pukul 15:58 melalui Facebook Seluler · ·

    • Episang Ijo Tuban Saya jg dah niru+modif,telah hadir
      PECEL GENIT”TANTE SUN”
      cm 3,5jt dah lgsg ACTION dg kosep FREESTYLE!
      sms 081807100948

      Senin pukul 16:01 melalui Facebook Seluler · ·

    • Sinnyo Arief Pengusaha Ngawur mantab2 mas sam!salut banget saya!!!eu 10 madiun!

      Senin pukul 16:56 melalui Facebook Seluler · ·

    • Yusuf ‘shembah’ Brokerpreneur hehehehe…

      Senin pukul 18:27 · ·

    • Desry Sofyan setuju bgt sy tu bosss,terutama istilah “kere kreatif’ ,,,,

      Senin pukul 21:02 · ·

    • Rony Adi sukses berawal dari nyontek yang dimodifikasi………..
      right!!!!!!!!

      Senin pukul 22:23 · ·

    • Dian Sang Penerang mantabsss

      Senin pukul 22:27 · ·

    • Liam Sie benar2 inspirasi.. salute..!

      Selasa pukul 2:39 · ·

    • Fauzi Bayu Mantap Gan!

      Selasa pukul 7:20 · ·

    • Malnd Gunthur mantapp habiss ….diam2 udah menelorkan entrepreneur mudah handal…thank gan virusnya.

      Selasa pukul 9:02 · ·

    • Hanung Siap BikininWeb siap segera laksanakan

      Selasa pukul 9:05 · ·

    • Viktor Will Be Victorious hahaha….mr.samurai..
      thanks ilmunya…
      saya jadi begini karena anda..

      “MURID HEBAT…terlahir karena GURU YANG HEBAT…”

      Selasa pukul 10:52 · ·

    • Masterkids Kids Madzab Samurai memang top abis…

      Selasa pukul 14:50 · ·

    • Umar Wn Entrp Ind mantaps gan smurai,,,,,,,,
      Tebas langsung pada pusat sakitnya

      Selasa pukul 17:48 · ·

Leave a Reply