katanya kurang fokus

posted in: Entrepreneurship | 4

ass,  pak sam

speech-balloon-question_~u23182776begini pak saya mau minta saran ke bapak. saya ada masalah neeh dengan usaha saya, karena masih saja jalan ditempat pak, bagaimana caranya ya pak supaya omset bisnis usaha saya itu meledak?

silahkan bu,

kalo boleh saya tau usahanya ibu apaan sih, bergerak dibidang apa, lokasi usahanya dimana, sudah berapa lama ibu menjalani usaha itu, omset nya sekarang berapa, trus omset meledak yang diharap  oleh ibu itu berapa sih,  kemudian siapa yang mengelola usaha tersebut apakah masih ibu pegang sendiri atau sudah diserahkan pada orang lain seperti managemen yang mengelola atau bagimana, yang terakhir bagaimana cara ibu berpromosi selama ini?

tolong dijawab pertanyaan ini supaya saya bisa bertapa dulu dan memohon petunjuk pada allah untuk dapat membantu saran agar supaya ada langkah-langkah yang bisa ibu lakukan untuk kedepannya.

begini pak sam,

usaha saya ada dua macam pak,

yang pertama,  bergerak di bidang pembuatan kue cake, bentuknya masih home industri jadi masih dirumah saja. omsetnya sekarang ini masih dibawah 300 ribu per harinya padahal beberapa waktu lalu omset sempat mencapai rata-rata 1,2 juta perhari dan itu terjadi rutin dalam waktu yg lama. sampai kemudian tiba-tiba turun perlahan-lahan sampai omset 300 ribu tadi. saya juga gak ngerti pak kok tiba-tiba menurun begitu. nah omzet yang diharapkan oleh saya untuk bikin lompatan agar bisnis saya berhasil dan sukses itu pinginnya seeh menjadi minimal 2 juta per hari.Coconut Strawberry Cake

bisnis kue cake ini masih saya kelola sendiri pak, dibantu oleh beberapa karyawan yang masak atau bagian untuk disuruh-suruh. sedangkan saya hanya menggunakan promosi koran lokal ditambah dengan penyebaran brosur.

usaha saya yang kedua, adalah masakan ayam bakar yang saya buka dua bulan lalu. saya ingin mencoba ngejalanin usaha dibidang lain, tetep makanan tapi jenis yang berbeda pak. tujuannya untuk membantu menambah pemasukan dan omset bisnis kue cake yang turun.  tapi yang bikin saya bingung dan agak putus asa adalah tetep belum adanya peningkatan pemasukan ke saya pak.  sedangkan pengeluaran saya kan tetep, biaya-biaya yang menjadi beban atau modal usaha tetep harus saya bayarkan dan keluarkan tiap hari malahan kecenderungannya semakin meningkat pak.

apa yang harus saya lakukan pak?

saya ada keinginan untuk menyewa ruko atau kios untuk tempat dagang saya nanti, saya pindahkan tempat usaha saya yang tidak nampak kaena berada dalam perkampungan menjadi di tempat yang lebih representatif di ruko atau kios itu tadi pak.

michelle_new_baby_caketapi seperti cerita klasik yang biasa pak, lagi-lagi saya terbentur sama dana pak, cuman saya tetep berusaha. sekarang saya sedang mengusahakan untuk melakukan take over rumah mertua saya dan alhamdulilllah, untungnya mertua saya sangat baik dan kooperatif, beliau sudah memberikan ijin pada saya untuk bertindak. tapi hati dan pikiran saya tetep gak bisa di bohongi pak – saya bener-bener hampir putus asa dengan keadaan ini.

tolong pak gimana jalan keluarnya, apa yang harus saya lakukan?

saya masih punya pertanyaan yang mesti ibu jawab dulu,  begini :

apakah ibu sudah punya siup (surat ijin usaha perdagangan), npwp (nomor pokok wajib pajak) sebagai persyaratan umum untuk melakukan usaha dan berbisnis? lalu apakah ibu apa sudah punya cash flow dan mutasi rekening yang baik dan rajin untuk mengantisipasi saat pengajuan kredit ke perbangkan? karena ketiganya adalah sarat mutlak yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha.

nah kemudian apakah ibu punya feeling atau ada keterangan atau isyu apa yang terdengar oleh ibu kenapa atau hal-hal yang bisa menjadi penyebab omset bisnis kue cake itu turun?usb-xmas-cake

tapi kondisi secara umumnya adalah tetep kwalitas dan service dari bisnis  yang kita  kerjakan harus terus ditingkatkan tanpa boleh lengah atau berhenti, beristirahat saja nggak boleh kok. kemudian baru setelah itu evaluasi bisnis beralih ke masalah promosi.

pasti jawaban saya barusan semakin gak mbikin ibu jelas kan, yup karena memang saya juga gak terlalu paham dengan semua situasi yang sedang ibu hadapi disana, jadi tolong saya diberi informasi yang lebih detail ya…

begini pak,

jika bapak bertanya tentang siup memang saya sampai sekarang belum memilikinya tetapi untuk npwp saya sudah punya pak. begitu pula dengan cash flow dan mutasi rekening, saya juga sudah punya meskipun masih belum tertib dan rajin untuk mengurusnya setiap hari.

tapi tetep aja saya gak tau apa penyebab omset saya selalu turun pak, makanya saya sekarang tanya ke bapak. sebab kondisi saya ini bikin saya makin bingung dan hampir putus asa. tapi setelah saya pikir lagi apa  ya karena saya gak fokus pada bisnis saya ini ya pak?

index.3untuk masalah kwalitas umpamanya, saya selalu utamakan jadi setiap cake saya selalu baru, karena saya memang tidak pernah titip ke toko-toko kue yang ada. saya pun hanya melayani pesanan melalui telepon. itu makanya pak, saya punya rencna jika take over rumah mertua saya sudah di acc oleh bank maka  saya mau sewa kios, agar supaya kue cake saya bisa mudah dilihat oleh pelangggan, mudah dijangkau dan semakin terkenal.

nah tuhkan mulai deh kebuka sedikit dari jawaban ibu barusan –

masalah yang nampak adalah, ada kemungkinan ibu gak fokus pada bisnis kue cake dan kemudian masalah berkembang makin parah karena ibu menjadi panik dikarenakan omset penjualan kue cake turun drastis dengan cepat. tapi ibu bukannya melakukan langkah evaluasi melainkan malah bikin usaha baru yaitu ayam bakar yang prospek bisnisnya sama-sama belum jelas.

saran saya adalah :

kembali curahkan seluruh energi ibu ke bisnis kue cake dulu dan jangan berpikir yang lain, fokus dan konsentrasi pada bisnis kue cake ibu!

coba ibu ingat-ingat dulu saat memulai usaha kue cake, ibu kan menjalani semuanya juga hanya di rumah saja, tapi omset penjualan sangat bagus.

TANPA RUKO baru tapi  penjualan  kue cake ibu bagus banget.  jadi saya rasa, faktor untuk melawan agar omset kue cake itu tidak terus melorot bukannya harus beli ruko atau kios atau sewa tempat yang akan digunakan sebagai lokasi berdagang yg strategis tapi justru PROMOSI lah yang harus lebih gencar…1414404500_c82a996e19

mungkin ibu bisa bikin sub marketing sebanyak-banyaknya – semisal kawan akrab di perumahan yg berbeda di tawari agar menjadi agen penjualan dengan 25% + jika bisa jual 5 dapat bonus 1 (ini contoh bagi hasil or komisinya saja n tidak harus mengikat)

atau sesering mungkin dan secara rutin dibikinkan forum icip-icip gratis di rumah ibu – mungkin bisa sambil sekalian diadakan semacam diskusi bisnis atau arisan atau pengajian atau bentuk lain yang sesuai.  forum icip-icip gratis ini tidak harus dilakukan dirumah saja tapi bisa dilakukan dimanapun secara rutin dengan metode jemput bola seperti di instansi pemerintah, bank atau dimanapun…

jurus lainnya, bisa sesering mungkin dan juga harus rutin untuk mengirimi media lokal kue buatan ibu secara gratis.

pada saat melakukan kegiatan itu tentunya brosur dan peralatan promo tetep harus disiapkan untuk  dibagi ke hadirin atau di tempat yang dituju.

saya rasa cara promo ini relatif lebih murah daripada harus sewa ruko tahunan bahkan mungkin dibanding membayar uang sewa atau uang angsuran setiap bulan yang mesti dikeluarkan untuk ruko atau kios,  mestinya masih jauh lebih mahal dibanding sering bikin acara icip-icip gratis.

saran saya lagi segera mungkin bikin siup untuk mempermudah pengajuan kredit, untuk teknis pelaksanannya bisa tanya langsung ke deperindag setempat tapi intinya tetep fokus di promo kue cake!!!

semoga berkenan…

“wah jwbannya bgs sekali..baru aja td pg saya mau bekerjasama dg koprasi pemrintah..iya emang.. saya kurng fokus. ya dech saya akan lakukan saran pak sam..

thanx ya pak sx lg saya mnt bantu doanya..>”

Leave a Reply