Jurus Sewa Property ala Mr. Tacoz

posted in: Entrepreneurship | 0

Jurus Sewa Property ala Mr. Tacoz – Kemaren dulu saya sowan ke kantornya Mr.Tacoz yang baru di kawasan rungkut, rupanya di area kantor itu sang owner, mr dan mrs tacoz juga sedang menyiapkan cafe tacoz, ini terbukti dengan kesibukan tukang yang sedang merenovasi sebagian area bangunan tadi dengan konsep yang khas dengan Mr. Tacoz.

Ditengah kesibukan, beliau berdua masih berkenan menerima saya dan bahkan menyempatkan sharing dan bercerita tentang cara beliau dalam mendapatkan lokasi bangunan yang dipakai untuk kantor dan cafe tersebut.

Mr. Tacoz bercerita kalau beliau cukup nekad juga dalam mengakuisisi sewa bangunan tadi. Kata beliau begitu beliau naksir dan Mrs. Tacoz juga setuju dengan lokasi bangunan itu maka beliau langsung bernegosiasi dengan pemilik rumah.

Beliau bernegosiasi tentang harga sewa dan ketika harga disepakati maka beliau langsung bikin perjanjian sewa selama lima tahun dan memberikan persekot sebesar 1 juta rupiah pada si pemilik bangunan dan berjanji akan menyelesaikan kekurangan biaya sewa itu dalam waktu 10 hari sampai 2 minggu.

Ternyata dibalik keyakian beliau dalam menawar harga dan memberikan persekot sebesar 1 juta itu pada pemilik bangunan, beliau belum punya uang sewa sebesar kesepakatan yang sudah dibikin dengan pemilik bangunan. Kaa beliau pada saya, jika total uang sewa nggak bisa terkumpul paling uang yang hilang hanya 1 juta saja, itung-itung uang belajar.

Wiiih keren ya, sewa properti senilai 1/4 milyar dilakukan hanya dengan modal 1 juta saja plus keyakinan akan bisa terpenuhi dalam waktu paling lama 2 minggu…

Setelah terjadi kesepakatan dengan pemilik bangunan maka mr. Tacoz langsung bekerja keras menghubungi semua nettworknya menawarkan proposal bisnis kerjasama dalam pengelolaan cafe tacoz itu.

Jaringan komunitas, pertemanan, mitra kerja, rekanan dan promosi lewat internet memang sejata ampuh dalam pemasaran sehingga pada detik-detik terakhir malah ada 2 partner beliau yang berebut untuk mengajak kerjasama pengelolaan cafe tadi.

Akhirnya setelah bernegoisasi dan wawancara bisnis mr tacoz malahan yang memilih siapa investornya dan bukan investornya yang memilih akan jadi inves atau tidak…

Memang jam terbang, kepiawaian bisnis dan jaringan yang sudah di bentuk selama bertahun-tahun bukanlah hal yang bisa dilakukan segampang membalikkan telapak tangan.

Saat hari H biaya sewa didapat dan bukan pula modal sendiri atau hutang bank melainkan dari mitra yang joint. Kepiawaian menawar dan bernegosiasi juga termasuk hal yang bisa berpengaruh pada pengaturan cash flow yang kurang.

Jika saya tidak salah catat, Mr. Tacoz membayar dulu biaya sewa 2th pertama secara tunai plus biaya renovasinya untuk masa sewa 5th, kemudian saat masa sewa tahun pertama berakhir Mr. Tacos membayar sewa 2th yang kedua sambil mempersiapkan pelunasan sewa tahun ke 5 pada tahun ke 3 masa sewa.

Pemilik setuju dan jadilah cafe milik Mr. Tacoz selama 5th dengan hanya modal 1 juta rupiah saja 🙂

Serukan…

@sa_murai
samurai jagoan.com
wenmit.com
facebook : samurai jagoan