jurus dahsyat sang oma

saya sudah lupa tanggalnya, tapi malam itu jam 19, kita pada ngumpul di mc dy delta plaza karena oma ning harmanto berkenan datang dan sharing-sharing ke kita.

kita duduk membentuk lingkaran dan kemudian dengan tekun mendengarkan cerita tentang parjalanan bisnis oma ning.

malam itu oma ning menceritakan sebuah jurus sakti yang berjuluk ‘mundur selangkah untuk mencapai kemajuan sepuluh langkah’ beliau kini sedang mempraktekkan jurus lawas tersebut. menurut oma, jurus tersebut walaupun sudah lawas tapi masih sakti mandraguna. oma juga mengakui bahwa beliau termasuk yang terlambat mengenal dan mempelajari jurus tersebut, tapi menurut beliau lebih baik telat dari pada tidak mengenalnya sama sekali.

awal oma harus mempelajari jurus ampuh tersebut adalalah karena oma merasa pertumbuhan omset penjualan dalam bisnisnya berjalan lambat sekali. beliau merasa harus segera melakukan suatu perubahan karena bila tidak bisnisnya bisa bermasalah dan berakibat fatal pada karyawan oma yang sudah terlanjur banyak, kalo saya tidak salah ingat selama sekitar sepuluh tahun perjalanan bisnisnya kini  karyawan  oma  sudah mencapai 70 orang.

selain itu juga pengalaman setelah berdagang di malaysia juga mewartakan suatu kenyataan yang kalo dirasa-rasakan bikin ngenes juga. oma menjelaskan bahwa produk herbalnya  yang di borong pedagang dari malaysia kemudian dikemas sedemikian rupa dan setelah itu dijual kembali di indonesia dengan kemasan, merek dan diakui sebagai buatan malaysia. akibatnya harga jual produk herbal oma di indonesia menjadi berlipat-lipat sangat jauh dari harga jual oma yang sebenarnya. yang bikin ngenes dan sebel juga adalah dengan harga sedemikin mahal, produk herbal oma dengan kemasan malaysia tersebut laris manis dipasaran dan tanpa komplain masalah harga jual.  sedangkan bila oma yang menjual dengan harga dan kemasan aslinya maka tidak sedikit konsumen masih mengeluarkan keluhan tentang harga yang dirasakan terlalu mahal.

hal-hal  ini yang membuat oma ning akhirnya melakukan evaluasi terhadap penjualan produk-produk herbalnya. hasil evaluasi tersebut yang kemudian membikin oma mempelajari jurus lawas yang masih ampuh tersebut.

inti dari jurus sakti itu adalah ‘menjual suatu produk dengan menumpang brand atau merek lain yang lebih terkenal sehingga bisa mendonkrak harga jualnya menjadi berlipat-lipat, disini ego dari owner atau produsen produk yang menumpang tadi harus ditekan habis karena sama sekali tidak boleh menonjolkan diri sebagai pemilik atau pembuat aslinya, bahkan harus mendukung habis proses penjualan tersebut yang mengunggulkan merek lain tempat dimana dia menumpang’

kini oma ning sedang bekerjasama dengan suatu brand ‘berbau’ jerman padahal pemiliknya adalah seorang jerman yang sudah 32 tahun berdomisili di indonesia dan menikah dengan seorang wanita kelahiran ambon. dengan brand yang berbau jerman tadi, si pemilik berhasil menjual semua produk herbalnya dengan harga yang termasuk sangat mahal buat kategori indonesia. memang harga sagat mahal itu didukung abis oleh kwalitas dan khasiat dari produk herbalnya, padahal produk herbal yang dijual dengan harga mahal itu dikemas dalam kemasan-kemasan mini.

keberhasilan si jerman itu dalam menjual barang dagangannya membuat hati oma ning kepincut dan akhirnya melamar si jerman untuk bekerjasama. gayung bersambut karena si jerman juga sebenarnya naksir dengan oma ning yang mempunyai julukan ‘sang ratu herbal indonesia’. dua hati saling bertaut dan kini mereka berdua sedang merajut benang-benang kerjasama serta sedang menikmati bulan madu  dengan berkeliling pulau jawa dan kemudian indonesia untuk mempromosikan produk-produk herbal hasil kerjasama mereka.

seperti perkiraan oma, hasil penjualan bersama mereka dengan brand atau merek yang baru membawa hasil yang sangat memuaskan. harga jual melonjak berkali lipat sedangkan barang yang terjual bukannya mlorot tapi semakin meningkat. terbukti sudah kedahsyatan jurus lawas itu.

memori saya sempat melayang-layang tak menentu sampai akhirnya mendarat di suatu cerita mbah saya yang lain saat saya sedang mengikuti pelatihan entrepreneur.

mbah buyut saya itu juga bercerita tentang bisnisnya. beliau menyadari bahwa sosoknya sama sekali tidak keren sehingga sulit untuk dijadikan suatu ‘ikon’ penjualan dari produknya. sehingga mbah buyut akhirnya membuang jauh-jauh egonya setelah benar-benar menyadari kondisi fisiknya yang menyedihkan itu. dalam upaya memperkenalkan usahanya bimbingan belajarnya supaya semakin terkenal dan diminati oleh khalayak ramai maka mbah buyut terpaksa menyewa seorang aktor terkenal bernama rano karno yang saat itu sedang sangat digemari oleh masyarakat segala usia karena bermain dalam sinetron ‘si doel anak sekolahan’

mbah buyut merasa figur rano karno yang identik dengan si doel ini akan sangat mendukung pejualan ‘primagama’ sebuah franchise bimbingan belajar yang dimilikinya. karena yakin sekali dengan  jurusnya, mbah buyut nggak sayang buat mengeluarkan uang yang sangat banyak untuk membuat iklan-iklan tentang bimbingan belajar ‘primagama’ yang kemudian ditayangkan di rcti sebuah televisi swasta yang menayangkan sinetron si doel.

perkiraan mbah buyut tidak meleset, rano karno yang menjadi jargon dalam iklan-iklan tersebut bisa melambungkan omset penjualan franchise primagama dan meningkatkan minat masyarakat yang menginginkan anaknya kursus di bimbingan belajar milik mbah buyut. sejalan dengan tayangan iklan yang semakin sering semakin banyak franchise yang terjual dan membuat semakin berjubel orang-orang yang mendaftar disana untuk belajar.

walaupun berbeda cerita tapi sepertinya petuah oma ning hampir-hampir sama dengan kisah mbah buyut saya. jurus yang digunakan pun mirip-mirip, mungkin yang membedakan adalah senjata yang digunakan, oma menggunakan senjata buatan eropa sedang mbah buyut pakai sejata buatan lokal saja.

yang paling menarik buat saya adalah walaupun usia oma sudah cukup sepuh dan mempunyai gelar  yang  dahsyat ‘ratu herbal indonesia’, oma masih bisa menurunkan egonya dan tidak mengikuti kesombongan hatinya. kalau oma saja bisa mestinya saya yang masih relatif muda harus lebih bisa menurunkan semua ego saya dan menghilangkan semua kesombongan dalam hati saya untuk melihat dan mengakui semua kondisi yang terjadi dalam bisnis yang saya kelola.

kalau bisnis saya sedang drop saya tidak boleh ragu dan malu buat mengakuinya dan saya harus segera mencari jurus-jurus ampuh buat mengembalikan dan meningkatkan kesaktian bisnis saya.

trima kasih oma ning atas semua petuahnya yang sangat dahsyat dan sangat bermanfaat buat saya dan teman-teman, tapi yang lebih utama lagi kapsul samson-nya bener-bener luar biasa dahsyat pengaruhnya buat saya, pasti teman-teman yang gak dapat oleh-oleh kapsul ini dari oma dan gak merasakan reaksinya akan merasa iri.

sering-sering mampir ke surabaya ya oma.

Leave a Reply