International Trade Malaysia

pada suatu hari tanggal 12 november pagi saya brangkat naik pesawat air asia ke malaysia bareng rombongan TDA (tangan diatas) karena kita semua diundang sama pemerintah malaysia untuk menghadiri International Trade Malaysia dari tanggal 12- 16 november 2008.

Pemerintah malaysia mengundang anggota tda sebagai buyer untuk menghadiri pameran dagang negaranya. pameran dagang ini luar biasa karena pemerintah malaysia mengundang lebih dari 50 negara di seluruh dunia sedangkan indonesia diwakili oleh anggota-anggota tda. hebatkan! anggota-anggota tda mewakili negara kita untuk datang ke pameran dagang di malaysia.

Fasilitas yang diberikan oleh pemerintah malaysia bagi tamu-tamunya juga luar biasa, karena tiap perusahaan yang datang mendapat falitas satu kamar di hotel bintang 5 selama masa pameran plus semua akomodasi dari bandara, hotel dan tempat pameran secara gratis.

Rata-rata dari kita yang brangkat memang belum pernah ke malaysia menjadi terkagum-kagum dengan fasilitas ini juga terkagum-kagum dengan kondisi kota kuala lumpur yang besar, bersih, rapi dan teratur serta megah dengan gedung-gedung raksasanya. tapi yang paling hebat kuala lumpur juga hijau dengan pohon-pohon besar diantara gedung-gedung raksasanya.

Ternyata pameran dagang tadi kurang lebih sama dengan jakarta fair atau expo-expo yang diadakan oleh pemerintah kita. cuman pemerintah sana mengemas dengan lebih canggih dan modern. gimana nggak semua disediakan dan gratis, makan siang coffe break pagi dan sore selalu siap on time secara prasmanan bagi semua pengunjung, jadi perut saya tambah gendut kekenyangan.

setelah pembukaan oleh mentri perdagangan dan perindutian malaysia, kita diajak keliling buat ngeliat pameran yang ada diarena yang sangat luas dan semuanya dingin karena pake ac.

…………bersambung ke berikutnya……..

Leave a Reply