award

images1Ketika saya dapat award saya merasa belum jadi apa-apa  secara bisnis.  Saya juga merasa masih banyak teman ataupun senior lain yang jauh lebih layak menerimanya dari saya. tapi  saya tetep saja berjuang untuk mendapatkan award saya itu, yang ada dalam benak saya saat itu adalah jika saya dapat suatu penghagaan maka penghargaan yang saya peroleh itu akan menjadi pemacu diri saya untuk lebih berprestasi lagi dari pada waktu saya memperoleh penghargaan itu.

saya sering mengajak kawan-kawan saya untuk segera mencari pengakuan diri melalui berbagai ajang penghargaan, tidak peduli apakah secara bisnis sudah sukses, berhasil ataukah masih pemula dan merintis.  menurut saya lagi seseorang yang berhasil mendapatkan suatu penghargaan apapun itu bentuknya adalah bukti bahwa orang itu sudah berhasil dan sukses minimal dia sudah berhasil meyakinkan banyak orang dalam ajang pemberian penghargaan itu bahwa dirinya adalah salah satu yang berhak diberi penghargaan pada saat itu.

sayangnya banyak teman saya yang jika ingin mendapatkan pengakuan dari orang lain berpedoman bahwa dia harus sukses dulu dalam apa yang dilakukannya, karena kami adalah  entrepreneur maka tolak ukurnya adalah bisnis yang digelutinya.  jadi kalo seseorang itu sukses berbisnis maka barulah seseorang itu layak mendapatkan suatu award dalam bidang bisnis.

ini yang sering bertentangan dengan pola pikir saya. jika suatu penghargaan dapat diperoleh sebelum seseorang itu berprestasi dibidang yang di gelutinya (dalam hal ini bisnis) kenapa harus menunggu dulu sampe  berada dalam kondisi yang sangat sempurna/ideal untuk suatu bisnis atau  sampe terbukti seseorang itu bener-bener berprestasi secara bisnis. kita tidak bisa menentukan dengan pasti kapan kita berprestasi yang dapat kita lakukan hanya bikin rencana untuk memperoleh prestasi itu. lha kalo rencana itu gagal atau tertunda oleh berbagai sebab maka kesempatan kita untuk dapat penghargaan juga mundur dan tertunda donk, apa tidak sayang bahwa sesuatu yang seharusnya sudah bisa kita peroleh harus tertunda karena idealis  semata.

padahal penghargaan berupa award itu apapun bentuk dan predikatnya banyak sekali fungsinya dan semuanya bisa mendongkrak serta memberikan nilai tambah  sehingga membuat performance  seseorangpun meningkat.  dengan meningkatnya performace seseorang secara tidak langsung juga berakibat pada apa yang dikerjakannya. apa yang dikerjakan seseorang yang sudah memperoleh penghargaan sudah pasti akan mendapat nilai lebih dimata klient, teman, relasi dan masyarakat umum daripada apa yang dikerjakan oleh seseorang yang belum memperoleh penghargaan apa-apa walaupun hasil dari pekerjaan mereka sama-sama bagusnya.

ada seorang kawan yang menjadi korban pertama, yang berhasil saya pengaruhi untuk berusaha sesegera  mungkin memperoleh award buat dirinya,  walaupun dalam bisnis dia masih pemula dan belum ada hasil yang bisa dia banggakan. kemudian ternyata dia benar-benar berhasil mendapatkan award sebagai pengusaha pemula dan luar biasanya lagi  dia berhasil menunjukkan  serta membuktikan bahwa award yang diperolehnya disaat dia masih belum apa-apa bisnisnya itu merupakan obat yang manjur bila digunakan sebagai doping dan pemacu semangat.

award pertama yang diperolehnya itu dipandang setiap kali dia hendak tidur dan setiap kali dia bangun tidur. kawan tadi bertekad dengan modal award pertamanya itu dia harus bisa memperoleh penghargaan lagi yang benar-benar diperolehnya karena perkembangan dan kemajuan bisnisnya memang pantas mendapatkan penghargaan.

award pertamanya itu benar-benar menjadi sugestinya untuk lebih maju lagi dan dia pun bisa mewujudkan mimpinya itu. dengan award pertamanya itu  dia bikin bisnis baksonya menjadi lebih cepat berkembang. bisnis yang ditawarkan dengan sistem kemitraan itu bisa lebih mudah mendapatkan perhatian dan kepercayaan dari klien-kliennya antara lain karena kawan tadi sudah pernah dapat award dalam bidang bisnis,  selain memang rasa baksonya sendiri sudah enak. dengan demikian tidak heran jika jaringan outlet baksonya di kota bogor dan sekitarnya menjadi cepat beranak pinak.

akibat dari kemajuan bisnis yang diperolehnya dengan relatif cepat  maka dia lantas lebih percaya diri dalam mengikuti  suatu ajang kewirausahaan yang diadakan oleh suatu bank pemerintah.  sudah bisa ditebak hasilnya kawan tadi berhasil dalam ajang kewirausahaan itu, dia mendapatkan predikat nomor satu untuk wilayah jabotabek sehingga berhak mengikuti seleksi di tingkat nasional.  walaupun pada akhirnya kawan tadi hanya menjadi finalis ditingkat nasional tapi efek yang diperolehnya dari ajang kewirausahaan itu sangat luar biasa, secara bisnis jelas semakin dipercaya oleh mitra dan klien dan secara personal dia mendapatkan berbagai publisitas seperti bisa muncul dalam berbagai acara kewirausahaan di televisi swasta nasional dan berbagai media nasional.

yang tadinya kawan tadi harus berjuang untuk mendapatkan publisitas untuk diri dan bisnisnya maka dengan prestasinya itu dia kini dicari untuk dipublikasikan.

jaman sudah berubah,  kalo dulu award memang diperuntukkan hanya buat orang-orang yang benar-benar berprestasi tapi kini award bisa diperuntukkan buat siapa saja yang memang ingin mendapatkan award itu dengan berbagai kepentingan.

saya adalah anak gaul yang selalu ingin menikmati perkembangan jaman dan saya bukanlah seorang idealis maka saya manfaatkan semua perubahan yang ada untuk mendapatkan dan membuat nilai lebih dalam diri saya. banyak hal yang bisa bikin saya menjadi berprestasi tanpa saya harus benar-benar berprestasi,  selama semuanya saya peroleh dengan fair kenapa musti ditolak.

award adalah pengakuan orang lain atas prestasi saya, saya kejar itu dan  akhirnya  saya benar-benar dapatkan pengakuan itu, walaupun bukan penghargaan untuk bisnis saya. tapi dengan award tersebut saya punya beban moral untuk benar-benar mengamalkannya sesuai dengan bidang saya dan saya rasa sampai sekarang saya sudah mengamalkan award tadi dalam setiap langkah kehidupan saya artinya saya menjadi konsisten atas award itu.

jadi kini terserah pada pilihan masing-masing, mau benar-benar berprestasi dulu baru mendapatkan pengakuan atau kita kejar pengakuan dalam bentuk apapun untuk menunjang prestasi.

Leave a Reply