makan soto dapat majig jar

posted in: Artikel Menarik | 2

tanggal 25 desember 2008 jam 14 ada forum offline-nya tda surabaya.

disana saya ketemu dengan mas kholis juragan soto lamongan yang pake brand ‘soto abbas’ (mudah-mudahan bener tulisannya), sampe sekarang dia udah punya 8 cabang gak hanya di surabaya tapi juga di jogja.

sekian lama gak ketemu sama beliau, di akhir acara forum pas mimbar bebas kita dan beberapa temen lainnya sempet saling diskusi. tapi intinya disitu mas kholis yang berbagi cerita tentang perkembangan bisnisnya.

ada cerita beliau yang sangat menginspirasi saya.

beliau sedang memberlakukan suatu program di warungnya. para pembeli yang habis makan trus mbayar akan di kasih strok bukti pembayaran, jarang-jarang kan ada warung soto yang ngasih strok ke pelanggannya. gak cuman itu saja kalo sampe kasir lupa gak ngasih stok maka pembeli mendapat uang 100 ribu atas kelalaian tersebut.

saya gak gitu mudeng alasan beliau memberlakukan program yang berani ini, saya gak sempet nanya atau nungkin pas beliau njelasin pas saya gak denger. jadi saya simpulin sendiri aja menurut versi saya pribadi, disini yang mungkin bisa saya ambil pelajaran adalah pak kholis belajar mendisiplinkan diri dan anak buahnya untuk mbikin catatan penjualan harian. dengan adanya strok dia bukan hanya tau berapa duit yang ditrima hari itu tapi juga jelas tercatat berapa transaksi hari itu, berapa mangkok soto yang terjual dan jenis soto apa saja yang terjual hari itu, penjualan minuman pun jadinya tercatat juga, brapa es teh yang terjual atau es jeruk yang terjual.

menjadi disiplin memang sulit dan mahal, dengan cara itu mungkin cak kholis melatihnya…..hebat deh!

cerita berikutnya juga menarik, yang ini saya mendengar dengan jelas dan runtut.

cak kholis juga bikin program pengundian strok pembelian setiap bulan yang berhadiah majig jar. jadi setelah makan pembeli yang menerima stok harus menuliskan nomor hp-nya di copy strok yang disimpan kasir. nah pada tanggal tertentu sekali setiap bulan, nomor-nomor yang tercatat itu dihubungi untuk diberi kabar bahwa akan ada undian berhadiah (biasanya sih majig jar begitu menurut cak kholis) yang mana konsumen diharapkan hadir buat jadi saksi sukur-sukur menjadi pemenangnya.

sarana promosi yang oke!

biaya yang dikeluarin cuman beli majig jar dan pulsa sms, paling gak sampai 500rb sebulan tapi efektif juga. konsumen yang datang saat pengundian, pastinya jarang-jarang yang dateng sendiri, mestinya bawa temen paling dikit satu orang. sambil nunggu strok diundi gak mungkin donk mereka cengok, bengong gitu aja minimal semangkok soto n segelas es teh pastinya kebelil, tinggal dikaliin aja brapa yang dateng. belom lagi buat yang maniak hadiah mestinya jadi sering nyoto disitu dengan harapan semakin banyak strok yang ditulis semakin dekat peluang dapat hadiahnya.

cerita yang terakhir ini juga luar biasa hueboh…….

biasanya pelanggan cewek di warung soto cak kholis itu kalo pesen soto seporsi selalu mengeluh kebanyakan. akibatnya mereka jadinya pesen setengah porsi. karena pesen setengah porsi harga yang mereka bayar juga setengah. setengah harga ini yang bikin cak kholis pusing karena menurut beliau harga setengah itu lom ada keuntungannya. otak beliau pun diputer supaya dapat solusi, pelanggan puas keuntunganpun didapat.

pikir punya pikir cak kholis akhirnya menciptakan soto mini. soto mini ini porsinya sama dengan setengah porsi normal yang digemari cewek-cewek pelanggannya. dengan adanya soto mini ini para pelanggan gak bisa lagi pesen soto setengah dengan harga setengah. dengan adanya soto mini ini cak kholis bisa bikin harga jual soto setengah porsi diatas harga separoh dimana permangkoknya beliau dah dapat untung . dengan terciptanya porsi soto mini ini semua jadinya senang pelanggan gak mengeluh kebanyakan dan sang pebisnis gak mengeluh rugi.

semua happy, padahal hampir gak ada pengorbanan apa2, yang dimainkan cuman kata-kata saja. hebat kan ide juragan soto yang satu ini.

saya sangat terinspirasi,

semoga juga memberi inspirasi buat yang baca…..

Leave a Reply