jangan pernah nyalahin orang lain!

posted in: Artikel Menarik | 0

hari ini tadi saya ndengerin materi seminarnya alexander sriewijono, dibalai pemuda surabaya dalam acara ‘A Mild Presents Stay Ahead’ dimana saya juga jadi salah satu pembicaranya, beliau cerita gimana caranya kita bisa membangun mimpi-mimpi kita sehingga bisa tercapai.

yang paling menarik saat beliau mengakhiri sesinya, beliau bilang ‘jangan pernah menyalahkan orang lain terhadap kondisi yang kita alami’.

menyalahkan orang lain memang paling nyaman saat kita menghadapi kesulitan. kita selalu terpancing buat mencari-cari kesalahan penyebab kegagalan kita, kita gak pernah terpancing buat mencari-cari cara buat memperbaiki kegagalan atau kesalahan kita. mencari kesalahan orang lain memang paling gampang sedang mencari cara buat memperbaiki kesalahan yang pernah kita lakukan adalah suatu perbuatan yang luar biasa berat.

dulu menyalahkan orang lain merupakan suatu pekerjaan favorit saya, saya paling senang melakukannya karena dengan mengumpat orang lain, menyalahkan mereka, menyalahkan kondisi yang ada yang bikin saya gagal dalam melakukan sesuatu selalu bikin saya bahagia, bikin saya puas. ya saya merasa kalo saja mereka-mereka itu tidak menyusahkan dan memersulit saya tentu saya akan lebih berhasil. gitu pikiran saya waktu itu.

lambat laun, entah karena pertambahan usia atau karena saya semakin sering bergaul dan berkawan dengan banyak teman yang selalu berpikiran positif, saya merasa tindakan saya yang selalu mencari kambing hitam dan menyalahkan itu adalah tindakan yang sangat salah. saya merasa kepuasan yang saya meroleh akhirnya bukan kepuasan maksimal karena apapun hasil akhir dari pekerjaan atau perbuatan yang saya lakukan tetap berbuah kegagalan. sekeras apapun saya ngomel dan marah-marah serta menyalahkan semua kondisi tetap tidak bikin saya berhasil, yang ada saya tetap gagal, trus marah-marah dan berakibat tambah parah karena orang yang saya salahkan itu jadinya tidak terima dan ikutan marah. tambah buruk hasilnya.

karena muncul kesadaran dalam diri saya tadi, saya selalu berusaha menghilangkan semua pikiran negatif dalam otak saya, kalo ada kondisi yang sulit, atau ada orang yang ‘rese’ yang bikin saya terhalang atau bahkan gagal dalan melakukan sesuatu, saya selalu bilang pada diri sendiri bahwa mungkin belum saatnya, belum waktunya saya berhasil dalam tindakan saya.

jadinya sekarang saya selalu rajin meng-evaluasi diri sendiri, selalu rajin memcari sebab-sebab kenapa tindakan saya salah sehingga menyulitkan tindakan yang saya lakukan dan berakibat gagalnya rencana yang saya jalankan. yang tadinya suatu penyebab kegagalan bikin saya marah dan menyesal kini penyebab kegagalan saya simpan sebagai amunisi, saya simpan ‘dendam’ itu dengan tujuan positif saya harus bisa buktikan pada orang yang bikin saya gagal, saya harus melawan kondisi yang bikin saya jatuh, saya harus buktikan pada mereka yang tidak mendukung saya bahwa saya sebenarnya saya bisa walaupun mereka tidak mendukung saya. saya cari orang lain yang berpikiran positif pada saya, saya minta dukungan mereka supaya langkah yang saya lakukan lebih baik dan saya bisa berhasil.

‘dendam’ positif tadi menurut saya sangat efektif untuk meredam rasa amarah saya yang selalu menyalahkan orang lain. dengan dendam tadi jadinya saya selalu terancing untuk membuktikan pada mereka bahwa sesungguhnya saya itu bisa. dengan dendam tadi bikin pikiran saya selalu bergerak kearah yang positif, pikiran positif adalah unsur-unsur yang bikin saya bisa bertindak tenang tanpa emosi untuk meng-evaluasi langkah-langkah saya berikutnya. dulu saat saya selalu menyalahkan, yang ada dalam diri kita hanya unsur-unsur negatif, selama diri saya dipenuhi unsur negatif saya tidak akan pernah benar dalam mengambil tindakan sehingga hasil akhirnya juga negatif yaitu kegagalan itu tadi.

akhirnya saya mulai berubah, ngomelnya sih tetep gak berkurang juga karena yang ini bikin puas (saya punya kebutuhan biologis buat selalu ngomel-ngomel) tapi sudah gak pake emosi negatif disitu. habis ngomel langsung deh dicari apa penyebab saya gagal dan salah bertindak, kalo sudah ketemu segera deh susun strategi buat nyari solusi yang tepat buat merubah kegagalan jadi keberhasilan.

‘jangan pernah menyalahkan orang lain dalam kondisi apapun’ saya sedang berusaha untuk selalu menjauhinya, saya sedang berusaha untuk membuang dari kehidupan saya, saya sedang berusaha untuk selalu menghindarinya. doain saya berhasil ya.

Leave a Reply